domenica 13 marzo 2016

Cemilan Rendah Kalori Bolu Green Tea

Cemilan Rendah Kalori Bolu Green Tea

Kebiasan nyemil diwaktu senggang seringkali membuat Anda lupa diri hingga terus menghabiskan beberapa potong makanan yang tersaji di depan mata. Ladies, ada lho cemilan rendah kalori yang tentunya tak akan menggangu program diet Anda.

Green tea yang disinyalir memiliki kandungan yang membantu penurunan berat badan, ternyata juga bisa lho dibuat kue manis yang rendah kalori. Berikut bahan-bahannya: Resep Bolu Koja

Bahan Green Tea Genoise:
6 butir telur ayam ukuran besar
150 gram gula pasir halus
12 gram green tea powder
63 gram maizena
76 gram tepung terigu protein rendah
75 gram beurre noisette (mentega cair)

Bahan Green Tea Cream:
500 gram uht cream (krim kocok)
16 gram green tea bubuk
45 gram gula pasir

Cara membuat:
1. Cream: dinginkan bowl dan pengocok mixer di freezer 30 menit sebelum digunakan.

2. Campur sedikit UHT cream dengan green tea bubuk. Aduk rata. Tambahkan sisa UHT cream. Kocok sampai mengembang.

3. Masukan gula pasir. Kocok lagi sampai adonan lebih kaku. (Tandanya ketika pengocok mixer diangkat dari adonan adonan sedikit jatuh dari pengocok tetapi tidak lagi cair).

4. Masukkan ke dalam lemari es. Adonan siap digunakan.

5. Green tea genoise : panaskan air di atas panci yang ukurannya sedikit lebih kecil dari ukuran mixer bowl yang digunakan. Ini untuk bain marie utk campuran telur dan gula.

6. Kocok telur dan gula di atas panci air panas (bain marie) sampai hangat. Angkat dari panci dan kocok sampai mengembang.

7. Masukan tepung terigu sambil diayak dan diaduk dengan spatula Ambil 1/5 bagian adonan. Tambahkan mentega cair. Aduk rata.

8. Tuang kembali ke sisa adonan. Aduk rata. Masukan ke dalam 3 loyang 20x20x3cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti dan ditabur tipis tepung terigu.

9. Ratakan dengan sedikit menghentakkan loyang supaya adonan merata dan tidak ada gelembung-gelembung udaranya.

10. Oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama 25 menit sampai matang.

11. Setelah cake dingin. Kelupas pinggiran atas, bawah, dan samping cake dari kerak cake.

12. Olesi cake dengan simple syrup. Ambil tatakan cake. Letakkan ring cake 20 cm. Masukan selembar cake. Tambahkan 1/4 bagian green tea cream. Ratakan. Tutup dengan sisa cake. Tambahkan 1/4 bagian green tea cream. Ratakan.Tutup dengan sisa cake. Oles semua permukaan cake dengan sisa greentea cream. Ratakan. Masukkan ke dalam lemari es selama 1 jam. Keluarkan dari ring.

13. Hias dengan sisa green tea cream

sabato 5 marzo 2016

Donat Madu yang Semarak Warna dan Bentuknya Lucu-lucu, Memancing Selera Makan

Donat Madu yang Semarak Warna dan Bentuknya Lucu-lucu, Memancing Selera Makan

Anda semua pasti tahu dengan cemilan berbentuk bulat dan ada lubang di tengahnya kan? Apalagi kalau bukan donat.

Ya, cemilan ini banyak kita temukan mulai di warung, toko hingga pusat belanja. Banyak yang menjual donat dengan berbagai varian. Pasalnya cemilan ini termasuk yang disenangi banyak orang terutama anak-anak. Cara Membuat Donat Madu

Pada umumnya rasa dari donat hampir sama. hanya saja terkadang berbeda pada teksturnya. ada yang lembut sekali ada juga yang kurang lembut. umumnya orang pasti memilih yang teksturnya lebih lembut. Karena terasa enak di lidah.

Bahan baku utama membuat donat biasanya tepung, gula dan lain-lain. Namun, ada variasi terbaru dengan menggunakan madu. Alhasil namanya donat madu.

Anda bisa menemukannya di Jalan Ahmad Yani nomor 123 Pekanbaru.

Pemilik Donat Madu Pekanbaru, Puti Yuneka Sari mengatakan ia ingin menyuguhkan varian donat terbaru yang mengandung madu ini. "Ini variasi baru menikmati donat," kata Puti kepada Tribunpekanbaru

Dijelaskan Puti, pemakaian gula pada donat ini dikurangi. Karena diganti dengan madu.

Sehingga lebih baik, apalagi bagi yang punya riwayat gula darah bisa mengkonsumsi donat yang plain alias yang polos, namun tetap ada rasa manisnya juga. "Ada juga konsumen kita yang minta donat plain," imbuhnya.

Sementara itu, madu yang digunakan merupakan madu kualitas terbaik, yaitu madu asli Sumbawa.

Selain itu, bahan baku yang lain seperti coklatnya bukan menggunakan bahan pewarna.

Tetapi memang coklatnya yang memang sudah berwarna-warni. "Kita sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI, termasuk bahan-bahan semua yang kita gunakan," katanya.

Kemudian untuk membuat donat, lanjut Puti bahan-bahan yang digunakan sebenarnya sama dengan donat yang biasa.

Hanya saja ada penambahan madu dan pengurangan gula. Adapun proses membuatnya pertama dimulai dengan telur dikocok terpisah.


Selanjutnya bahan seperti tepung, ragi dan butter diadon. Hingga sampai setengah diadon baru dimasukkan madu baru diadon kembali. Setelah diadon, kemudian dicetak, lalu dibiarkan dulu sekitar dua jam sampai mengembang.

"Ciri-ciri mengembang sudah naik dua kali lipat dari bentuk awal dan teksturnya berpori," sebut Puti yang didampingi ayahnya, Yunedi Hasri.

Setelah mengembang, lanjutnya baru digoreng. Setelah digoreng tidak bisa langsung diberi topingnya.

Karena masih panas, dan akan meleleh kalau langsung diberi topingnya.

"Tunggu sekitar 15 menit baru bisa diberi toping. dari awal proses hingga siap kira-kira mebutuhkan waktu 3,5 jam lah," sebutnya.

Jika biasanya donat bentuknya bulat ada bolong di tengahnya. Namun di Donat Madu ini, anda bisa mendapatkan bentuk yang lain seperti love dan kotak.

Tapi bentuk ini tidak selalu ready, hanya berdasarkan pesanan saja. Selain itu juga tersedia donat mini.